Sempol Jajanan Asli Malang, Yang Menyerbu Nusantara

Sempol, siapa diantara kita yang tidak mengenalnya. Rasanya yan gurih hasil campuran daging ayam berbalut telur, serta tampilannya yang seperti jajanan asal Korea, menggoda siapa saja yang melihat dan mencium aromanya. Dan kini bisa kita temui di mana saja, hampir di seluruh Indonesia.

Apalagi soal harga, jajanan yang dikepal dan ditusuk dengan lidi memanjang ini, punya harga yang murah habis, untuk per tusuknya maksimal hanya dihargai Rp 1000. Sehingga membuat kalian ingin membeli dengan jumlah banyak.

Apalagi ketika sempol panas yang garing di luar, lembut di dalam ini berpadu dengan saos sambal, kacang atau kecap, hmm rasanya bener – bener nagihin.

Namun tahukah kamu, meskipun sempol mirip dengan jajanan street food asal Negeri Ginseng ternyata dia adalah jajan asli Malang Jawa Timur?

Ya, meskipun masih belum ada kepastian soal asal usulnya, tapi diketahui sempol adalah nama salah satu desa di wilayah Pagak Kabupaten Malang, dan diyakini jajanan populer tersebut berasal dari sini.

Dilansir dari Merdeka.com, beberapa kisah memang mengiringi jajanan yang baru hype sekitar lima tahun terakhir ini.

Salah satu kisah menceritakan, bahwa nama sempol muncul dari gurauan sang pencipta nya yang diyakini bernama Cak Man. Ia tergelitik untuk membuat jajanan yang belum ada di pasaran. Mirip dengan cilok, hanya saja dikepal seperti mendol dan dicelup dalam adonan telur, lantas digoreng. Untuk cocolan hanya digunakan saos sambal sederhana.

Setelah sukses dengan percobaanya, Cak Man pun percaya diri mencoba menjajakan sempolnya tersebut ke Kota Malang. Awalnya dia menjajakannya di SMA BSS dengan gerobak berwarna biru.

Pada awal kemunculannya, sempol langsung mampu mencuri perhatian. Bahkan tidak perlu waktu lama, karena beriringan dengan deman Drama Korea dan K-Pop, sempol semakin menjadi trending, karena banyak yang menyebutnya sebagai Pentol Korea. Hal ini yang membuat sempol bukan hanya dikenal di Malang, namun lambat laun mampu berkembang di seluruh Indonesia seperti sekarang ini.

Jadi, kalau anda sedang jalan – jalan di Malang, jangan lupa untuk mampir membeli sempol yang banyak dijajakan di berbagai sudut kota, khususnya di area keramaian dan sekolahan. Atau kalau sempat, mampirlah ke sempol Cak Man yang berada di sekitaran wilayah Jalan Veteran, tidak jau dari pusat perbelanjaan Malang Town Square (Matos).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add to cart